yeongasi3

Deranged: A heartwrenching nation-wide disaster

Deranged-2012-Movie-Poster

Jaehyuk (Kim Myeongmin) merupakan seorang profesor di bidang biokimia yang terpaksa bekerja menjadi salesman sebuah perusahaan farmasi seelah kehilangan semua uangnya di pasar saham akibat mengikuti saran yang salah dari adiknya Jaepil (Kim Dongwan). Kehidupannya yang dipenuhi tekanan menjadi semakin berantakan ketika istrinya, Gyeongsun (Moon Junghee) serta kedua anaknya Joonwoo (Um Jiseong) dan Yeji (Yeom Hyeonsoo) terinfeksi penyakit aneh yang disebabkan oleh parasit bernama yeongasi.

Dengan yeongasi menginfeksi seluruh Korea Selatan, baik Jaehyuk, Jaepil, maupun pemerintah harus berpacu dengan waktu untuk menemukan obat sebelum semakin banyak korban berjatuhan.

yeongasi1

Film Korea Selatan yang berjudul asli Yeongasi ini dirilis di Korea pada 5 Juli 2012, bersamaan dengan The Amazing Spiderman dan berhasil mengalahkan sang manusia laba-laba di chart box office Korea. Dengan total 4,5 juta penonton, film yang disutradari oleh Park Jungwoo ini juga berhasil mengantarkan Moon Junghee memperoleh penghargaan sebagai Best Supporting Actress pada 33rd Blue Dragon Film Awards. Dan, melalui film ini juga Kim Dongwan (yang aslinya adalah member idol group Shinhwa) berhasil menjadi Most Popular Actor (Film) di 49th Baeksang Awards dan menebus kegagalan film Spin Kick-nya dulu yang masih dijadikan bahan ejekan di antara member Shinhwa sampai sekarang. 

Iya, saya tahu film ini karena Kim Dongwan. Tapi reviewnya banyak yang bagus dan pencapaian box office-nya meyakinkan. Dan begitu nonton… sudahlah, saya lupa kalau gara-gara Dongwan lah saya tau dan kemudian penaaran sama film ini. Premisnya menarik, karena rasa-rasanya udah lama gak liat film disaster yang disebabkan oleh epidemik kayak gini. Belakangan kayaknya saya selalu dicekokin oleh film disaster akibat alien atau villain lain dan selalu ada superhero yang bakal menyelamatkan dunia Atau mungkin pilihan film saya memang agak kurang variatif? Deranged, biarpun tetap bergantung pada beberapa tokoh sentral untuk menyelesaikan masalah, paling tidak masih terkesan lebih humble dan membuat penontonnya merasa bahwa it could be anybody. Siapapun bisa berada di posisi Jaepil dan berusaha untuk melacak misteri kemunculan Yeongasi, dan siapapun bisa menjadi Jaehyuk yang mati-matian mencari obat untuk menyelamatkan keluarganya.

Deranged tentu bukannya tanpa cela. Ada beberapa plot hole yang cukup parah. Oh jujur-jujuran aja deh, setengah jam pertama dan saya sudah bisa menebak skema yang melatarbelakangi kemunculan para Yeongasi sementara Jaepil dan para pemerintah masih bingung. Dan biarpun kemunculan solusinya agak aneh dan ternyata “heran kok gak ada yang kepikiran”, saya bakal ngasih benefit of the doubt ke pemerintahan Korea di film dengan menganggap bahwa mungkin mereka selama ini masih berusaha mengambil jalan legal. Terus ada adegan-adegan yang repetitif juga. kayak adegan mau bunuh dirinya. Dan, well, Jaehyuk failed one too many times.

yeongasi2

Untungnya, kekurangan-kekurangan itu tidak merusak film. Saya masih bisa menikmati film ini secara keseluruhan, dan alasan utamanya adalah karena Park Jungwoo berhasil membuat film ini terlihat sangat…manusiawi. Penggambaran reaksinya sangat nyata. Mulai dari anggota keluarga yang panik, orang-orang egois yang masih bisa mencari keuntungan, kekacauan yang melanda seluruh negeri, sampai keputusan pemerintah yang diambil juga – biarpun di beberapa titik membuat saya ingin berteriak mencaci maki pemerintah – sangat… rasional.

Dan terutama, yang membuat film ini bikin saya betah dan berulang kali meneteskan air mata adalah hubungan keluarga kecil Jaehyuk, terutama karena akting mengagumkan dari Moon Junghee yang berhasil menampakkan perjuangan seorang ibu dengan nyata. Usahanya untuk tetap kuat dan bahkan membantu ibu lain, interaksinya dengan kedua anaknya, dan bagaimana ia bisa tetap memperhatikan well-being-nya Jaehyuk itu bener-bener sesuatu dan mau tidak mau membuat kita sadar bahwa jadi ibu itu memang tanggung jawab yang berat #tsah. Ada juga hubungan kakak-adik yang berantakan antara Jaehyun dan Jaepil, dengan Jaepil yang terus menerus berusaha untuk menebus kesalahannya. Dan sebagai sampingan, ada juga Jaepil dan tunangannya Yeonjoo (Honey Lee) yang kebetulan bekerja sama dengan pemerintah untuk menangani Yeongasi dan merupakan hoobae atau adik kelas-nya Jaehyuk. Dan iya, hubungan Jaepil-Yeonjoo ini kurang dieksplor. Padahal sebenernya bisa jadi bahan drama juga lo, gimana pengaruh kepanikan ini ke hubungan mereka yang memang agak strained karena obsesi Jaepil sama pasar saham. Nevertheless, hubungan mereka tetep jadi hiasan yang bagus kok.

All in all, Deranged adalah film yang cukup kuat secara keseluruhan, dan recommended bagi yang pengen thriller-misteri yang refreshing atau drama yang menyentuh tapi gak menye. Oh, dan yang hobi nonton drama Korea, pasti bakal mengenali satu-dua wajah familiar di antara para pejabat pemerintahan.

Deranged-2012-Movie-Image-2

Director: Park Jung Woo. Writter: Park Jungwoo, Jo Dong-in, Kim Kyeonghoon. Released on: 5 Juli 2012. Casts: Kim Myeongmin, Moon Junghee, Kim Dongwan, Honey Lee, Um Jiseong, Yeom Hyeonsoo

3 thoughts on “Deranged: A heartwrenching nation-wide disaster

  1. ah this is another creepy Korean tales, not so badass as another bloody flicks, but I like the tag of this movie, ‘River is a new cemetery’ although I don’t see it really matter eventually. Nice review anyway!
    Mind if I put your link on my blog?

    • In one side, I sort of regret that it became more of a drama than a thriller movie, but on the other hand, the drama was well build and I can’t help but enjoy it.
      Yeah, I like the tag too, although at the end, any water surface would do so…it doesn’t have to be a river, no?
      Thanks, and of course I don’t mind😀 Can I put yours on mine then?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s