mama_3

Mama: A beautifully twisted story about family and mother’s love

M

Victoria dan Lily baru beumur tiga dan satu tahun ketika ayah mereka, Jeff, membawa mereka kabur dengan mobil setelah membunuh kolega dan istrinya. Mobil mereka mengalami kecelakaan, namun mereka berhasil selamat walaupun kacamata Victoria hancur sehingga ia tidak bisa melihat dengan jelas. Mereka menemukan sebuah kabin, di mana Jeff berusaha melakukan bunuh diri bersama dengan kedua anaknya. Namun, sebelum Jeff sempat menembak Victoria, muncul sebuah twisted figure yang membunuh Jeff.
Lima tahun telah berlalu sejak kejadian itu, namun Lucas – saudara Jeff – tidak berhenti berusaha mencari jejak keberadaan mereka bertiga dengan didampingi pacarnya, Annabel. Pencarian Lucas akhirnya membuahkan hasil saat Victoria dan Lily berhasil ditemukan, meskipun dalam keadaan yang benar-benar berantakan dan mereka bertingkah seperti binatang. Pasangan muda itu pun memutuskan untuk merawat kedua anak tersebut, meskipun mereka semua dihantui satu pertanyaan besar: Siapakah sosok Mama yang telah merawat mereka selama mereka berada di hutan?

mama_1

Whoa. Seriously, whoa. I was expecting some kind of horror movie, for sure. But I sure wasn’t prepared to watch such a beautifully twisted one.

Oke, pertama, saya akan mengakui kalau saya benci film horor. Benci banget karena saya gampang takut. Kasih saya film thriller-slasher-banjir-darah kayak Saw ataupun Rumah Dara, dan saya bakal nonton sambil ketawa-tawa. Tapi kasih saya film apapun yang melibatkan setan-setanan, dan saya bakal takut setengah mati. Jadi jelas, saya deg-degan dan takut setengah mati nonton film horor ini.

Tapi di sisi lain, saya suka banget sama film ini. Saya suka sama premisnya, suka sama pengembangan ceritanya – biarpun well, ada beberapa bagian yang memang sudah saya duga akan muncul, suka banget sama feel-nya, suka sama gimana film ini gak murah hati banget dalam menampilkan setannya, suka sama how they depicted Mama, dan suka banget sama gimana film ini bisa dengan halus berpindah dari sebuah film horor menjadi film keluarga tanpa mengurangi feel serem yang sudah ada sejak awal. Indah banget gak ngerti lagi.

Nikolaj Coster-Waldau menampilkan baik Jeff maupun Lukas sebagai dua sosok yang benar-benar berbeda, dan Jessica Chastain juga kelihatan meyakinkan dalam transformasinya dari seorang gitaris band rock ke ibu-ibu gaul. Megan Charpentier juga bagus jadi Victoria dan oh god Isabelle Nelisse gila keren banget sebagai Lily. Serius. Seremnya dapet, liarnya dapet, gemesnya dapet, sayang banget. Apalagi pas liat dia ketawa. Minta dipeluk sama dicubitin pipinya huhuhu #derailed.
Mama gak cuma sekedar film horor biasa yang modal musik serem, bangunan-bangunan kurang penerangan, penampakan hantu dan beberapa kematian (biarpun admittedly, semua keklisean itu memang ada). Heck, Mama bahkan gak nyebar korban dan maen bunuh kayak di film horor biasanya, cuma ke tokoh-tokoh yang well, you see it coming lah. Suasana mencekamnya dibangun dengan halus, dan bukan sekedar serem doang, but beautifully horrifying dengan segala gambar-gambar, aura hitam, lubang di dinding, serta kupu-kupu yang berterbangan.
Dan Mama, berbeda dengan film horor lain yang membuat saya paranoid setengah mati setelah keluar dari gedung bioskop, malah membuat saya merasa…warm inside. The way it subtly taught me about the importance of family and just how strong a mother’s love is have successfully turned it one of the best horror movies I ever watched, and one that I wouldn’t mind re-watching. Love love love the beautiful ending. Didn’t see that one coming, really. Angkat topi lah udah buat Andres Muschietti.

mama_3

Director: Andres Muschietti. Writer: Neil Cross, Andres Muschietti, & Barbara Muschietti. Released on: 18 January 2013 (USA). Casts: Jessica Chastain, Nikolaj Coster-Waldau, Megan Charpentier, Isabelle Nelisse.

Leave a Reply

