Blind-2011-Movie-Poster

Blind: Another thriller movie, featuring a blind girl

Blind-2011-Movie-Poster

Min Sooah (Kim Haneul), seorang mahasiswi National Police University di Korea mengalami kecelakaan dan kehilangan penglihatannya. Beberapa tahun kemudian, ia menjadi saksi dari sebuah tabrak lari saat menumpangi sebuah taksi. Di saat yang sama, muncul beberapa kasus orang hilang.

Seorang detektif polisi baru, Detektif Jo (Jo Heebong) pun mulai melakukan penyelidikan dengan bantuan dua saksi: Min Sooah dan Kwon Giseob (Yoo Seungho), yang keduanya memberikan kesaksian yang berbeda

fullsizephoto171668

Pengakuan? Saya nonton film ini cuma karena ada Yoo Seungho. Iya, saya fans si aktor ganteng kelahiran 93 yang taun ini mau masuk army itu #tmi. Dan awalnya saya kira yang jadi Min Sooah itu bukan Kim Haneul, tapi Ha Jiwon yang main di Secret Garden sama King 2 Hearts. Tapi saya tertarik juga kok sama ceritanya. Apa yang terjadi ketika seorang polisi harus melakukan penyelidikan berdasarkan dua keterangan yang berbeda dari seorang gadis buta dan dari seorang anak laki-laki urakan?

Sejujurnya sih, premisnya menarik dan bikin penasaran. Dan di awal juga saya tertarik banget nungguin gimana mereka akhirnya bisa menyatukan petunjuk dari dua keterangan yang berbeda itu dan menarik kesimpulan. Sayangnya, cuma di bagian awal itu aja menariknya. Setelah itu, film ini berkembang menjadi just another thriller movie dengan adegan-adegan yang membuat saya berkta,  “oh, I see that one coming.”

Dan dramanya. Well, saya akui ini langkah yang cukup meaning, sebuah usaha untuk menjadikan Blind film thriller biasa yang cuma fokus pada bunuh-bunuhan. Pengembangan karakternya sih bagus, dan hubungan antar karakter juga berkembang dengan baik. But then again… it’s all “I see that one coming.”

Blind memang punya bagian-bagian klise macam “Polisi-polisi inkompeten yang datang terlambat,” “Bad boy yang sebenarnya kesepian dan berubah jadi baik,” dan entah klise lain apa lagi. Tapi Blind tidak sepenuhnya gagal kok. Ada juga adegan-adegan yang sangat fresh dan bikin deg-degan setengah mati. Contohnya adegan lari-lari di subway itu. Sumpah deh ya demi apapun itu sesuatu banget, dan itu bagian paling memorable dari film ini.  (Biarpun saya merasa aneh karena Giseob yang notabene anak urakan yang kerjanya cuma jadi tukang delivery dan idupnya di daerah rada berantakan itu bisa punya iPhone. Dan Sooah yang notabene udah gak kerja lagi itu bisa punya apartemen yang cukup bagus dengan macbook dan iPhone).

Walaupun begitu, harus saya akui bahwa yang membuat saya masih suka sama Blind – aside from adegan lari di subway – adalah fakta bahwa para aktris dan aktornya semua keren sumpah. Penggambaran Kim Haneul sebagai seorang gadis buta sangat meyakinkan, dan karakternya juga dapet because I literally hate her. Terdengar salah sih, tapi saya bener-bener kesel ngeliat si cewek uptight yang merasa tau segalanya itu. Yoo Seungho juga berhasil menggambarkan Giseob yang urakan dan emosional, biarpun itu expected mengingat karakter dia di God of Study juga gak jauh beda. Heebong juga impressive, mengingat dia memulai kariernya sebagai stuntman, bukan sebagai aktor. Dan praise banget deh Yang Yeongjo, the villain. Gila, dari awal dia muncul aja auranya udah kayak beda gitu, kayak ada yang salah. Tapi dia juga berhasil mempertahankan cold and calm facade itu sepanjang film dan… liat dia udah bakal langsung mikir “Anjrit, ini orang sakit banget nih.”

All in all, Blind sebenarnya punya potensi untuk jadi bagus dan mindblowing, namun sayangnya fall short dan hasilnya cuma jadi sebuah film yang mudah dilupakan. But still, film ini berhasil mengantarkan Kim Haneul memperoleh dua award sebagai Best Actress di 48th Grand Bell Awards dan Blue Dragon Awards 2011. Recommended bagi yang pengen nonton thriller ringan untuk mengisi waktu. Sejelek-jeleknya, cek MV-nya 2 PM yang judulnya Hot. Itu OST film ini dan di situ ada adegan subway yang saya suka banget itu.

blind-korean-movie-still-2

 

Rate: 3,5 / 5

 

fullsizephoto179896

Director: Ahn Sanghoon. Writer: Choi Minseok, Andy Yoon. Released on: 10 August 2011. Casts: Kim Haneul, Yoo Seungho, Jo Heebong, Yang Yeongjo

2 thoughts on “Blind: Another thriller movie, featuring a blind girl

    • Tidak, namun saya percaya bahwa saya tidak harus menjadi seorang pembuat film untuk bisa menikmati dan mengapresiasi sebuah film, sama seperti saya dan anda tidak perlu bisa bermain musik untuk bisa mengapresiasi sebuah lagu🙂

Leave a Reply

