20090818220457660

cin(T)a : Mungkin aku kurang muslim untuk jadi pemimpin di sana

Director : Sammaria Simanjuntak

Writer : Sally Anom Sari & Sammaria Simanjuntak

Released on : August 2009

Casts : Saira Jihan, Sunny Soon

Bercerita tentang Anisa (24 tahun, Islam) dan Cina (18tahun, Katolik) yang satu kampus di Bandung. Awalnya, Cina menganggap remeh Anisa. Karena dia mengganggap bahwa “Kecantikan berbanding terbalik dengan kepintaran” Apalagi setelah tebakannya bahwa IP Anisa cuma 2,1 terbukti

Tapi, setelah Cina tanpa sengaja menghancurkan maket milik Anisa, Cina akhirnya membantu Anisa menghadapi TA-nya, dan akhirnya pun mereka saling suka. Tapi banyak banget masalah yang harus mereka hadapi, terutama karena perbedaan agama mereka

Sumpah eh, ini film keren bangeeet. Ceritanya bagus, kuat, ngangkat tema yang jarang disentuh, dan dialognya … amazing. scriptwriternya jagoan banget deh.

Ceritanya beneran bagus. aku suka banget soalnya terkesan sangat real, dan emang rasanya deket sama kehidupan kita sehari hari. Apalagi dengan penyelipan footage pasangan pasangan beda agama yang ngasih komentar tentang masalah cinta beda agama ini, bikin film ini berkesan sangat sangat nyata

Sayangnya sih, konfliknya kurang terasa. Mungkin juga gara gara film ini sangat terfokus pada Cina dan Anisa, jadi tokoh lain kurang muncul. Awalnya aku kira bakal ada masalah kayak ditentang orang tua dan sebagainya, tapi di sini jadi enggak ada. Ya karena orang tua mereka emang ga pernah muncul sama sekali dan cuma kedengeran suaranya aja

Penyelesaiannya juga entah kenapa terkesan agak terlalu kebetulan. Soalnya aku jadi mikir, kalo misalnya ga ada kejadian pengeboman itu, apa endingnya bakal beda? Yah atau mungkin itu perasaanku aja sih, haha. Endingnya emang udah bagus kok😀

Entah kenapa juga rasanya Saira Jihan sama Sunny Soon terkesan kaku. Anisa beneran jarang banget senyum di film ini. Ya mungkin emang pembawaan karakter dan tekanan batin sih, tapi rasanya kok mukanya sendu terus ya. Kalo Cina sih lumayan imbisil. Tapi buat aku itu agak mengurangi nilai film ini, abisnya kan banyak banget adegan close-up. dan sepanjang film bener bener jaraaaang banget ada muka orang selaen mereka berdua. Hampir ga ada malah

Satu lagi yang aku rasa kurang, sound di film ini kadang terlalu berisik, jadi ganggu pas nonton. Apalagi kalo soundnya udah nutupin dialognya. itu nyebelin banget e -.-

Tapi ya, film ini tetep bener bener bagus dibanding dengan film Indonesia lain. Temanya yang menyentil dan jalan cerita yang bagus dengan dialog yang sangat ngena, menurutku berhasil bikin film ini memorable. Thumbs up🙂

Btw really like it when Cina bikin tulisan “Bye Cantik” dengan cara ngaktifin yang cukup ribet. keren bangeeeet ♥

Cina : Kau kan belom pernah main beda agama. Atau kau pindah Kristen aja Nis?
Anisa : Yakin lo masih mau sama gue? Tuhan gue aja berani gue khianatin. Apa lagi lo entar

Anisa : Tega banget ya bapak lo. udah tau muka lo cina. masih dikasih nama Cina
Cina : Tega kali bapak kau. udah tau muka kau perempuan. masih dikasih nama perempuan

Anisa : Kenapa Allah nyiptain orang beda-beda kalo Allah cuma mau disembah dengan satu cara?
Cina : Makanya Allah nyiptain cinta. biar yang beda-beda bisa jadi satu

Rate : 4 / 5

6 thoughts on “cin(T)a : Mungkin aku kurang muslim untuk jadi pemimpin di sana

  1. ini film drama yang paling keren buat gw, dari film ini lauching, tayang di blitz, roadshow, sampe dalam bentuk DVDnya gw nonton semua, dan gak bosen. gw pernah tanya sama sutradaranya “kenapa dialognya bisa sekeren itu?” jawabannya “itu bahasa kami sehari-hari bersama penulisnya”. keren

    main-main ke blog gw ya, ada banyak film pendek keren🙂

    http://www.insanmahaputra.blogspot.com

    Salam Kenal🙂

    • Wah, keren banget ngikutinnya sampe sejauh itu😀 Iya, jujur, juga dialognya yang bikin gw suka sama film ini. Karena biarpun dalem, tapi gak terkesan menggurui dan masih bisa ditangkep sebagai bahasa sehari-hari.
      Yep, tadi udah buka, dan seru banget ngeliat ada macem-macem film pendek. Bisa banget buat tontonan😀
      Salam kenal juga🙂

Leave a Reply

